DIKLAT PRAJABATAN MEMBENTUK KEPEMERINTAHAN YANG BAIK

DIKLAT PRAJABATAN MEMBENTUK KEPEMERINTAHAN YANG BAIK
Kerinci – Bupati Kerinci H. Adirozal, Senin (15/01) membuka secara resmi Diklat Prajabatan Dokter, Bidan dan Penyuluh Tahun 2018 lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci. Peserta diklat prajabatan lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci ini berjumlah 196 orang yang terdiri dari 4 orang CASN dokter, 165 orang CASN bidan PTT dan 27 orang CASN penyuluh.
Dalam laporannya, Kepala BKPSDMD Kabupaten Kerinci Drs. Sahril Hayadi, M.Si., mengungkapkan pelaksanaan diklat prajabatan dokter, bidan PTT dan penyuluh pertanian Pemerintah Kabupaten Kerinci tahun 2018 diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Kerinci dengan Badan Diklat Provinsi Jambi.
Maksud dan tujuan dilaksanakannya diklat ini untuk membentuk PNS yang mempunyai sikap, disiplin, jiwa KORSA, kepribadian, etika, integritas, kerja sama serta ketahanan mental dan fisik yang baik guna menunjang pelaksanaan tugas kedinasan. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap CPNS dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansinya. Dan memantapkan sikap dan semangat pengabdian CPNS yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.
Diklat prajabatan ini dilaksanakan selama lima minggu yang diikuti oleh 5 angkatan dan setiap angkatannya dilaksanakan selama 7 hari.
Bupati Kerinci H. Adirozal dalam sambutannya di hadapan peserta diklat mengungkapkan kebijakan penyiapan sumber daya aparatur merupakan suatu kebutuhan yang paling mendasar dalam pelaksanaan pembangunan, karena melalui sumber daya aparatur yang berkualitas diharapkan dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang menghendaki terwujudnya kepemerintahan yang baik.
Pemerintah Daerah, lanjut Bupati Kerinci, terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mereformasi birokrasi dan memangkas jalur pelayanan yang selama ini panjang dan disesuaikan dengan tingkat kesesuaian dinas terkait. Untuk mewujudkan hal tersebut, alternatif dan kebijakan diarahkan pada peningkatan sumber daya aparatur melalui pendidikan dan latihan baik teknis fungsional maupun struktural.
Diklat prajabatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS di samping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan Negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
Bupati juga menekankan peserta diklat, selain sebagai syarat menjadi PNS, juga merupakan sarana untuk melatih diri sehingga nantinya mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan misi organisasi dan sekaligus dapat berperan sebagai aparatur yang tangguh, mempunyai sikap mental yang terpuji dan mempunyai visi ke depan dalam mengantisipasi perkembangan zaman.
“Jadikan diklat ini sebagai ajang untuk mencari solusi, inovasi dan motivasi bagi pelaksanaan tugas kepemerintahan dan pembangunan sehingga bermanfaat bagi diri kita sendiri dan bagi masyarakat Kabupaten Kerinci pada umumnya”, tegas Bupati Kerinci.

Share this