BUPATI KERINCI PANEN PADI SERENTAK DI DESA KOTO MAJIDIN HILIR

BUPATI KERINCI PANEN PADI SERENTAK DI DESA KOTO MAJIDIN HILIR
Kerinci – Bupati Kerinci H. Adirozal melaksanakan panen padi serentak di Desa Koto Majidin Hilir Kecamatan Air Hangat, Jum’at (19/01). Hadir dalam rombongan Direktur irigasi dan pengairan pertanian sekaligus coordinator UPSUS PAJALE Provinsi Jambi yang diwakili oleh Nita Rio Lita, SP, MSc, Staf Ahli DPR RI Dipo Liham Jalil, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kerinci Yuldi Herman, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ir. Ahmad Mausul, Dandim 0417 Kerinci, pimpinan Bulog Kerinci, camat, kepala OPD penyuluh, KTNA dan kelompok tani dalam Kabupaten Kerinci.
Dalam sambutannya, Bupati Kerinci mengungkapkan sector pertanian di masa kini dn mendatang diharapkan tetap berperan sebagai penyangga perekonomian nasional karena kontribusinya yang sangat nyata dalam penyediaan pangan bagi penduduk Indonesia, penyediaan bahan baku industry, penyediaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat petani serta menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Untuk mewujudkannya, Pemerintah Daerah telah melaksanakan berbagai program kegiatan, di antaranya dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadopsi teknologi pertanian, memberikan bantuan benih bermutu kepada masyarakat tani serta mengujicobakan komuditi dan varietas tanaman yang sudah berhasil di daerah lain untuk yang sudah berhasil di daerah lain untuk diterapkan di Kabupaten Kerinci.
Sampai saat ini, kita telah mampu meningkatkan produksi pertanian berupa meningkatkan produksi padi dari 193.620 ton pada tahun 2016 menjadi 210.620 ton pada tahun 2017 atau meningkat 8,81 persen tahun 2017. Begitu pula produksi palawija meningkat dari 50.341 ton tahun 2016 menjadi 76.585 ton tahun 2017 atau meningkat sebesar 52 persen.
Bupati berharap dengan panen yang dilaksanakan ini dapat lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Bupati juga menyerahkan secara simbolis bibit padi serta melakukan panen padi

Share this