FESTIVAL KOPI TANAH SURGA RESMI DIBUKA

FESTIVAL KOPI TANAH SURGA RESMI DIBUKA
Kerinci - Bupati Kerinci H. Adirozal menghadiri acara pembukaan Festival Kopi Tanah Surga yang dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh. Acara Festival Kopi Tanah Surga dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan berlangsung mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Januari 2018. Acara ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Provinsi Jambi, perwakilan dari Dirjen Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Wakil Walikota Sungai Penuh, perwakilan WWF Indonesia Provinsi Jambi, perwakilan MCAI Indonesia Provinsi Jambi.
Dalam sambutannya, Bupati Kerinci H. Adirozal mengungkapkan bahwa kopi arabika Sumatera Kerinci sebagai kopi dengan cita rasa berkualitas internasional yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia dan sudah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis pada bulan April 2017 dan telah diserahkan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci. Hal ini diharapkan menjadi langkah positif dalam mengembangkan ekonomi lokal menuju kesejahteraan khususnya bagi para petani di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.
Kopi arabika, lanjut Bupati, merupakan pemenang pertama dalam konter kopi spesialiti Indonesia ke-9 tahun 2017 di Grand Sahid Hotel Jakarta. Hal ini membuktikan bahwa kopi kita merupakan kopi yang mempunyai kualitas dunia, bukan lagi dalam skala nasional. Bupati berharap para petani bersama-sama menanam kopi arabika sebagai pilar kemakmuran ekonomi kerakyatan dan bersama bersinergi untuk mewujudkan Kerinci dan Sungai Penuh sebagai kiblat perkebunan kopi arabika berskala dunia untuk percepatan kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan data statistik perkebunan tahun 2017, luas tanaman kopi arabika di Kabupaten Kerinci mencapai ± 8.533 Ha dengan produktivitas 4.800 kg/Ha/tahun dan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun yang tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Jambi. Wilayah Kabupaten Kerinci masih memilki potensi lahan yang cukup luas untuk pengembangan tanaman kopi, yaitu ± 2.000 Ha berupa lahan yang belum produktif. Potensi ini sangat strategis untuk kita kembangkan dari hulu hingga hilir. Di samping itu, untuk mempertahankan karakteristik produk local terutama bagi Provinsi Jambi.
Usai memberikan sambutan, Bupati Kerinci H. Adirozal menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan pengolahan kopi kepada salah satu perwakilan dari petani kopi.

Share this